Sabtu, 09 Maret 2013

This was a triumph...

Hello, internet slaves! Udah lama nih gak ngepost! Untuk memulai post gue kali ini, gue mau nyanyi dulu

This was a triumph.
I'm making a note here: HUGE SUCCESS.
It's hard to overstate my satisfaction.
Aperture Science
We do what we must
because we can.
For the good of all of us.
Except the ones who are dead.
But there's no sense crying over every
mistake.
You just keep on trying till you run out of
cake.
And the Science gets done.
And you make a neat gun.
For the people who are still alive.

Oke, segitu dulu. Kalian tau game Portal? Portal ini adalah sebuah game bikinan VALVE. Yup, VALVE yg sama seperti pembuat Half-Life dan Counter Strike. So, what's so special 'bout this game? Here we go... *Mario Style*

Minggu ini,  sebenernya gue sedang menjalani salah satu tes penentuan hidup mati seseorang di mata dunia. Yak, UTS! Or what I usually called, Ujian Tidak Serius. Jadi UTS kali ini, kita harus tetep moving class, kita tetep belajar. Jadi rasanya kayak ulangan harian aja. Nggak tegang sih jadinya, tapi selain jadi nggak tegang, gue jadi nggak serius juga UTSnya. Tiap hari, walaupun UTS, gue bawa laptop ka sakola. Tiap pulang sekolah, gue selalu ke mabes CYCOM dan pulang jam 5, kayak sekolah biasa. Gak berasa UTSnya sama sekali. Nah, entah kenapa jumat kemaren gue di mabes pengen main Portal, mungkin karena bentar lagi game itu udah mau tamat kali yak. Nah, berhubungan jumat kemaren CYCOM ada rapat, gue jadi ada alasan buat ngumpul di mabes. Karena biasanya gue ngumpul di mabes cuma buat nonton film atau anime gajelas sama Haryo. Recent watch gue sama Haryo adalah Diary of a Wimpy Kid: Dog Days, tapi ini masalah lain.

Nah, setelah rapat CYCOM kemaren, ternyata yang masih menetap di mabes lumayan rame. Gue keluarin deh tuh laptop, trus gue buka Portal. Si Haryo, berhubung dia udah tamat Portal dan Portal 2, dia jadi guide gue. Game ini emang butuh otak banget. Game ini MindBlowing. Ada efek loop, momentum, gravitasi, dan lain sebagainya. Di game ini, kita jadi seorang cewek bernama Chel. Dan kita punya sebuah senjata yang bisa menciptakan portal biru dan oranye di beberapa bagian tembok. Pew pew pew~
Gue gamau cerita detailnya, karena Portal ini sebenernya game lama. Yang penting, akhir2nya itu kita ngelawan GLaDOS, sang robot penentu arah jalan kita. Di tes "terakhir", kita katanya mau dikasih cake. But no, the cake is a lie. No cake, di tes "terakhir" ini, kita bakalan dibakar. Nah, kita harus nyari jalan keluar dari tempat ini. Kita harus make Portal Gun kita buat menjelajah tempat2 yang sulit dijangkau. Rada ribet emang, tapi seru.

Pokoknya, setelah kita lawan GLaDOS, kita bisa keluar dari laboratorium bawah tanah ini. Yang gue suka dari game ini adalah, ceritanya. Ya, ceritanya bagus banget. Jalan ceritanya rapi dan jelas, menarik juga! Di game ini gaada cut scene, jadi kalo kalian mau ngerti cerita dari game ini, kalian harus perhatiin dialogue di sepanjang game ini. Ucapannya GLaDOS, tulisan di tembok, dan lain-lain. Yang masih bikin gue wondering disini adalah, Weighted Companion Cube. Katanya banyak test subject yang fall in love sama cube ini. Emang apa spesialnya? Gue juga nggak tau. Hanya staff VALVE dan jajarannya saja yang tau.

Weighted Companion Cube
Well, dari sisi story emang Portal itu bagus banget. Setelah selesai ngalahin GLaDOS, ada cut scene yang nunjukkin sebuah kue di dalem tempat semacem warehouse gitu. Jadi sebenernya, the cake is not a lie, the cake is hidden.

The Cake is Not a Lie. The Cake is Hidden

And actually, kita bisa ngeliat cake itu secara langsung, bukan di cut scene. Caranya? rada complicated, but it's kinda awesome! Ini dia, Easter Egg-nya PORTAL!!

Oh mah Gawd, A CAKE!!!!!!1111oneone

Setelah scene yang nunjukkin scene cake itu, kita dibawa ke credits di bagian endgame. Tau credits kan? Bukan kartu kredit juga -__-, tapi semacem nama2 gitu. Nama2 orang yg berpartisipasi dlm pembuatan game ini. Nah, di credits ini, ada sebuah lagu yang judulnya Still Alive, dinyanyiin sama GLaDOS, ceritanya. Bagian awal lagu ini bisa kalian baca di awal2 post ini. Nah, inituh lagunya lucu banget. Mau tau lagunya? Tamatin dulu gamenya... or, kalian bisa nyari di yutub sih ._. kalo kalian gamau susah namatin gamenya dulu, ini videonya :

GLaDOS - Still Alive

Back to real life, di mabes itu yang nonton banyak. Ada Haryo, Agung, Rifki (ketua CYCOM), Hafiz, dan banyak lagi... nah, mereka yg nonton kayaknya pada gregetan sama gue, soalnya waktu gue main game ini, gue lagi males mikir. Akhirnya, gue kebanyakan jalan2nya daripada bikin portalnya. Setelah main, banyak penonton yang ngerasa pusing dan rada mual. Gue juga ngerasain, karena game ini emang bikin pusing dengan puzzlenya, efek loop, dan lain-lain. Apalagi gue demen banget bikin portal di atas gue sama dibawah gue. Bikin tunnel portal vertikal yang gaada habisnya :P, bikin pusing emang. Nah, pada akhirnya game ini pun tamat juga. Gue gak ada rencana mau ngapus game ini, karena ada beberapa bonus levels yg belom gue mainin. Nah, next target gue adalah Portal 2. Katanya sih lebih menantang. Gue mau aja sih nyobain, tapi Disk Space gue gaada. Jadinya ya, kapan2 deh...

Segitu aja post gue kali ini, karena gue ngetik post ini di hape. Mungkin kalo gue buka laptop nanti, post ini bakalan gue edit. Few videos and pics will make it. Oke, gue rasa cukup. Jempol gue udah pegel. Dan berhubung ini malem minggu, mungkin gue bakalan ngedate sama pacar gue. Iya, kalimat barusan itu bohong. Yaps, that's all folks! See ya~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yes. Any comments are acceptable. Except ads. No ads. NO FUCKIN ADS.