Kamis, 22 Mei 2014

SKREEONK!

So yeah recently, tepatnya hari Rabu 15 Mei 2014, gue nobar sama anak CYCOM. Nobar apa? Well, GODZILLA. GOD-FUCKING-ZILLA. Ya jadi gue nonton Godzilla pada hari pertama filmnya rilis. Biar belom ada spoiler. Jadi ceritanya pulang sekolah gue langsung pergi ke Summarecon Mall Bekasi dan langsung tancap ke XXI. Lalu disana ternyata sepi dan langsunglah kita beli tiket seharga 35K each. Tadinya mau Premiere (gegayaan) tapi duitnya gak cukup jadi ya udah deh, yang biasa aja. Even though, gue nggak merasa kecewa. Karena filmnya...

RUAR

BIASA.

Filmnya keren banget, dan gue merasa agak nggak afdol kalo nggak gue jelasin karena ada sebagian orang yang nggak paham sama filmnya dan malah bilang filmnya jelek. Ok, here we go.

SPOILERS AHEAD



Godzilla 2014 adalah sebuah film besutan Gareth Edwards (bukan, bukan yang bikin The Raid) dan dibintangi Kick-Ass.., maksudnya Aaron-Taylor Johnson, dan Bryan Cranston, pemain Breaking Bad (abis baca IMDb). Dan filmnya gabisa dibilang full action kayak Cloverfield atau Pacific Rim atau bahkan Godzilla yang jaman dulu, tapi ceritanya bagus. BAGUS, bukan standar atau lumayan ya, tapi BAGUS.

Cerita dimulai ketika Ken Watanabe (Dr. Serizawa) dateng ke Filipina buat ngecek semacem sinkhole gitu. Dan isinya kayak ada fosil dan semacem parasite di dalamnya. Tepatnya DUA parasite. Yang satu pecah, yang satu utuh. Lalu timnya Dr. Serizawa memutuskan untuk meng-contain parasite tersebut. Lalu beberapa tahun kemudian, muncullah Bryan Cranston (Joe Brody) yang merupakan ilmuan (atau teknisi sains, entahlah) dan istrinya yang juga kerja di tempat yang sama. Mereka tinggal di Jepang dan punya anak, namanya Ford, yang nantinya bakal diperanin sama Mas Kick-Ass. Ketika si Joe sama bininya pergi ke nuclear power plant tempat kerja mereka, ada semacem insiden yang katanya "kebocoran" dan istrinya si Joe ini masuk ke bawah. Tapi ternyata dia kena gas yang ada radiasinya dan gabisa diselamatin. Lalu power plant itu runtuh, meltdown. Yah, duda deh si Joe.

Bertahun-tahun kemudian, si Ford udah jadi pasukan penjinak bom khusus dan punya anak. Ceritanya dia pulang abis tugas gitu ke rumah, trus ketemu anak-istri. Trus pas lagi adegan cium-ciuman, eh ada telpon. Ternyata si Joe "berulah", katanya. Dia mencoba masuk ke quarantine zone, tempat tinggal dia dulu. Akhirnya si Ford ke Jepang deh jenguk bokapnya. Lalu setelah ketemu bapaknya, trus diajak ke apartemen bapaknya, dan disana dia liat kalo bapaknya tuh completely mad. Banyak buku ilmiah tentang ekolokasi dan ini itu. Lalu karena penasaran, si Ford akhirnya diajak bapaknya buat ke quarantine zone, yang katanya beracun. TAPI TERNYATA DISANA ZERO RADIATION. Seperti biasa, pemerintah bohong sama rakyatnya. Wes biyasa.

Lalu ketauanlah apa yang bikin nuclear meltdown dulu itu. Ternyata parasite yang pecah di Filipina itu berenang ke Jepang dan tidur disana. Dia makan radiasi, makanya bisa bertahan hidup. Kayak gaada makanan lain aja, makannya radiasi. Nah lalu kemudian parasit itu netes dan porak-porandalah Jepang. Hore. Lalu monster itu, yang dikasih codename MUTO, terbang entah kemana setelah melakukan mating call.

Setelah semua itu, Ford sama Joe dibawa sama militer ke kapal induk dan bakal diturunin di Hawaii. Tapi ternyata si Joe meninggal. Yah. Dadah Om Walter White. Lalu di Hawaii ternyata si Ford ketemu MUTO yang tadi itu lagi. Lalu muncullah si Godzilla. Yay. Berantemlah mereka, tapi kebanyakan adegan fight Godzilla VS MUTO nggak dikasih liat. Entar gue jelasin.

Setelah semua pertarungan itu, si Ford mau pulang kan ke California kalo gasalah, tapi ternyata gabisa lewat jalur udara. Karena rupanya si MUTO bisa menggunakan EMP dan mematikan jalur udara. Jadi ya si Ford harus naik kereta uap dan mau nggak mau harus gabung sama tentara. Tapi toh ya dia kan militer. Di kereta itu mereka bawa bom nuklir yang pake detonator analog, iya analog biar gabisa dimatiin EMP, dan rencananya mereka mau ngebunuh MUTO pake bom. Tapi ya taulah, gagal di akhirnya.

Setelah stranded kesana kemari, adegan beralih ke militer yang lagi ke sebuah tempat buat nyimpen barang-barang radiasi gitu. Kira-kira di sekitaran Nevada lah. Dan setelah nemu ruang yang pas, ternyata mereka terlambat. Parasite yang disimpen di situ udah netes, dan udah pergi menuju ke California sembari ngancurin Las Vegas dulu. Iseng amat dah.

Lalu... gue males nyeritainnya. Karena setelah adegan MUTO kedua (yang betina) lepas, ceritanya udah bikin merinding. Godzillanya udah mulai banyak porsinya dan udah semakin intense. Jadi ya harus nonton sendiri. Terutama karena ada ATOMIC BREATH YAY!

Oke, sekarang penjelasannya. Menurut gue film ini bagus banget, dan meskipun ada plothole kayak film sci-fi lain, tapi overall ceritanya bagus. Banyak yang bilang "Ah Godzillanya mana" dan lain-lain. Well, Gareth Edwards udah pernah bikin film macem gini sebelumnya, judulnya Monsters, dan ceritanya mirip. jadi di Monsters itu ceritanya ada alien yang udah 6 tahun di bumi, dan manusia udah mulai beradaptasi sama kedatangan mereka. Tapi di Monsters itu keliatan aliennya cuma di bagian akhir-akhir. Karena si Gareth mau nyeritain tentang kehidupan manusia disaat ada alien kayak gitu. Seberapa keras kehidupan di saat itu, seberapa mengerikannya. Sama kayak Godzilla. Si Gareth mau nunjukkin seberapa hopeless-nya manusia saat ada MUTO itu, dan gimana emosi si tokoh utama (Ford dan istrinya) waktu itu. Seberapa panik orang-orang, dan lain-lain. Godzilla disini adalah terornya, pemberi plotnya. Tapi dia bukan tokoh utama. Makanya gue suka karena gak terlalu banyak adegan perang battle dll. yang terlalu rame special effects.

Selanjutnya, ada yang bilang Godzillanya udah berubah sifat. Well at first, Godzilla memang monster. Tapi tahu kan, ada kata God dalam Godzilla. Maksudnya tuh dia di-Dewa-kan. Dia adalah force of nature, pelindung manusia dan alam. Sedangkan MUTO itu adalah creature yang bikin alam gak seimbang, makanya si Godzilla ini datang. Dia nyelamatin manusia, memang. Di film aslinya dulu juga dia emang gitu. Dan ketika dia kelar ngalahin MUTO, dia pergi gitu aja. Why? Karena dia itu sesosok Dewa, (atau Tuhan) yang sifatnya memang begitu. Dia datang ketika dibutuhkan, dia melindungi manusia dari ancaman, dan dia pergi tanpa minta disembah. Ya kira-kira begitu.

Dan lastly, alasan kenapa battle Godzilla VS MUTO suka dipotong. Well seperti yang gue bilang dua paragraf di atas, cerita ini berpusat sama Ford. Gimana stressnya dia ketika anak-istrinya terancam, dll. Nah si Godzilla ini cuma pemberi plot, gue tegasin lagi. Jadi ya battle yang keliatan cuma di act akhir. Tapi ya itu EPIC BANGET.

Oke segitu dulu. Entah ini namanya review atau apa, tapi ya semacem summary gitu lah. Okedeh, see ya~

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Yes. Any comments are acceptable. Except ads. No ads. NO FUCKIN ADS.